Pages

Sunday, April 14, 2013

Penulisan Laporan Buku (Book Report) dan Anotasi Bibliografi


    Laporan buku adalah karya ilmiah yang melukiskan pemahaman mahasiswa terhadap isi sebuah buku. Dalam laporan buku, mahasiswa menguraikan isi pokok pemikiran pengarang dari buku yang bersangkutan diikuti dengan pendapat mahasiswa terhadap isi buku. Uraian isi pokok buku memuat ruang lingkup permasalahan yang dibahas pengarang, cara pengarang menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan, konsep dan teori yang dikembangkan, serta kesimpulan. Bagian akhir berisikan pendapat mahasiswa tentang isi buku tersebut. Menurut pengalaman, jika isi buku yang hendak dikaji tergolong banyak/sangat tebal, maka biasanya dosen membagi masiswa sesuai dengan jumlah bab buku sehingga nama laporannya berubah dari laporan buku (book report) menjadi laporan bab (chapter report), sedangkan isi yang harus ditulis dalam laporan bab sama dengan laporan buku.

    Anotasi bibliagrafi adalah karya ilmiah yang memuat kajian atau ringkasan singkat dari beberapa buku dan artikel yang berkaitan dan menggambarkan pemahaman mahasiswa terhadap buku ddan atau  artikel yang dibahas. Laporan anotasi bibliografi dituangkan dalam dua atau tiga paragraf yang memuat judul buku dan atau artikel, nama pengarang, tahun terbit, nama penerbit, kata-kata kunci, dan pokok-pokok isi buku atau artikel tersebut. Bagian akhir laporan berisikan pendapat mahasiswa tentang buku atau artikel tersebut. Sebagai bagian dari tugas perkuliahan, buku, bab, atau artikel jurnal yang akan dilaporkan dapat ditentukan oleh dosen atau diusulkan oleh mahasiswa kepada dosen untuk mendapat persetujuan.

    Laporan buku dan anotasi bbibliografi bertujuan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman mahasiswa tentang topik yang dibahas. Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan buku dan anotasi bibliografi adalah sebagai berikut:
  1. Buku / artikel jurnal yang akan dilaporkan harus aktual, misalnya terbit pada lima tahun terakhir, semakin baru maka semakin baik.
  2. Buku / artikel jurnal dipilih karena kualitas isinya.
  3. Buku / artikel jurnal lama dapat dijadikan bahan laporan apabila kajiannya dinilai melandasi kajian-kajian terbaru berikutnya. Misalnya, buku yang merupakan masterpiece suatu bidang studi atau merupakan buku klasik. Beberapa contoh buku klasik adalah: The Republic karya Plato, Utopiakarya Thomas Moore, Democracy in Education karya John Dewey, dan The Structur of Scientific Revolutions karya Thomas S. Kuhn.

Sumber:
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2009.

No comments:

Post a Comment