Pages

Monday, April 8, 2013

Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah

    Halaman pernyataan ini dibuat untuk menyatakan keaslian skripsi, tesis, atau disertasi lengkap dengan tempat, tanggal, dan tahun dibuatnya pernyataan, serta ditandatangani oleh pembuat pernyataan.

1. Format halaman pernyataan skripsi:

Saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul …………………………...........................ini sepenuhnya karya sendiri. Tidak ada bagian di dalamnya yang merupakan plagiat dari karya orang lain dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.

Tempat, tanggal, tahun           
Yang membuat pernyataan,       

ttd                        

(Penulis skripsi)              

2. Format penulisan tesis dan disertasi:

Dengan ini saya menyatakan bahwa tesis/disertasi dengan judul “………………………” ini beserta seluruh isinya adalah benar-benar karya saya sendiri, dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko / sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.


Tempat, tanggal, tahun           
Yang membuat pernyataan,       

ttd                        

 (Penulis tesis/disertasi)         


Contoh lembar pernyataan keaslian skripsi:
Contoh Format Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi


Contoh lembar pernyataan keaslian tesis (berlaku juga untuk disertasi):
Contoh Format Lembar Pernyataan Keaslian Tesis/Disertasi


Sumber:
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2009.

No comments:

Post a Comment