Pages

Sunday, April 14, 2013

Penulisan Makalah


A. Pengertian Makalah
     Makalah adalah karya tulis ilmiah ihwal topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah dapat merupakan salah satu syarat untuk menelesaikan suatu perkuliahan.

B. Karakteristik Makalah
     Makalah memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Merupakan suatu hasil kajian pustaka dan atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan perkuliahan.
  • Mengilustrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritis yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dlam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.
  • Menunjukkan kemampuan pemahaman mahasiswa terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
  • Mendemonstrasikan kemampuan pemahaman mahasiswa dalam meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

C. Jenis Makalah
    Ada dua jenis makalah yang berlaku di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), yaitu makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper). Makalah biasa dibuat mahasiswa untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini secara deskriptif, makalah mengemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji. Dalam makalah ini juga mahasiswa memberikan pendapat baik berupa kritik atau saran mengenai aliran atau pandangan yang dikemukakan tersebut. Mahasiswa tidak perlu memihak salah satu aliran atau pendapat tertentu dan berargumentasi untuk mempertahankan pendapat tersebut.

    Dalam makalah posisi, mahasiswa menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Mahasiswa dituntut tidak hanya menunjukkan penguasaan terhadap suaut teori atau pandangan tertentu saja tetapi juga harus menunjukkan di posisi mana dia berdiri disertai alasan yang didukung oleh teori dan atau data yang relevan. Dalam menyususn makalah posisi, mahasiswa harus mempelajari berbagai sumber tentang aliran dan pendapat tertentu, dari sudut pandang yang berbeda-beda dan bahkan mungkin dari yang saling bertentangan. Dalam bahasannya mahasiswa harus memihak salah satu aliran dengan membuat suatu sistesis dari berbagai pendapat yang ada. Dengan demikian, untuk membuat makalah posisi, mahasiswa dituntut memiliki kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi yang baik.

D. Sistematika Makalah
 Makalah biasa dan makalah posisi masing-masing terdiri atas pendahuluan, isi, dan kesimpulan;
  1. Pendahuluan; Bagian ini menguraikan masalah yang akan dibahas yang meliputi: latar belakang masalah, masalah, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika uraian.
  2. Isi; bagian ini memuat uraian tentang hasil kajian penulis dalam mengeksplorasi jawaban tentang masalah yang diajukan, yang dilengkapi oleh data pendukung serta argumen-argumen yang berlandaskan pandangan pakar dan teori yang relevan. Bagian ini boleh saja terdiri atas lebih dari satu bagian.
  3. Kesimpulan; bagian inimerupakan kesimpulan dan bukan ringkasan materi. Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis terhadap hasil diskusi atau uraian yang telah dibuat pada bagian “Isi”. Dalam mengambil kesimpulan, penulis makalah harus mengacu kembali ke permasalahan yang diajukan dalam bagian “Pendahuluan”.

Sumber:
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2009.

No comments:

Post a Comment