Pages

Monday, April 8, 2013

Teknik Pengetikan


    Skripsi, tesis, atau disertasi ditulis dengan menggunakan kertas HVS 70-80 gram ukuran A4 atau kuarto. Pengetikan skripsi, tesis, atau disertasi harus mengikuti aturan-aturan berikut:

1. Diketik dengan menggunakan komputer, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, dicetak dalam quality letter.

2. Isi bab dan judul pada daftar isi diketik dalam dua spasi.

3. Batas tepi kiri 4 cm, tepi atas 4 cm, tepi kanan 3 cm, dan tepi bawah 3 cm.

4. Pengetikan paragraf baru dimulai dengan awal kalimat yang menjorok masuk ke dalam dengan lima pukulan tik (spasi) dari tepi kiri atau lima huruf (1 tab).

5. Penulisan judul bab dan sub bab mengunakan HURUF KAPITAL SEMUA (UPPERCASE) dipertebal (bold), tanpa garis bawah dan tanpa titik. Nomor bab menggunakan angka romawi. Setiap awal huruf dari judul sub bab harus ditulis dengan HURUF KAPITAL (Capitalize Each Word), kecuali kata sambung, dan dipertebal (bold).

6. Cara penomoran dapat menggunakan salah satu dari kedua cara berikut:
    Cara pertama  : I., A., 1., a., 1), a), (1), (a)
    Cara kedua     : I., 1., 1.1., 1.1.1., dst.
    
    Cara penomoran harus konsisten, harus menggunakan salah satu cara penomoran untuk satu karya ilmiah (skripsi, tesis, atau disertasi). Kedua cara di atas memiliki kelemahan masing-masing. Kelemahan cara pertama adalah akan terjadi penomoran yang sama dalam bab yang sama, di mana hal ini dapat sedikit membingungkan pembaca. Kelemahan cara kedua adalah penomoran akan memakan tempat yang panjang sehingga mempersempit tempat menulis uraian.

7. Perpindahan dari satu butir ke butir berikutnya tidak harus menjorok, melainkan dapat diketik lurus atau simetris agar tidak mengambil terlalu banyak tempat dan demi keindahan format.

8. Meminimalisir penggunaan nomor urut (cara penomoran), karena pada prinsipnya karya ilmiah lebih banyak menggunakan uraian, bukan pointer.

9. Judul tabel ditulis di atas tabel, sedangkan judul bagan, diagram, dan gambar ditulis di bawah bagan, tabel, atau gambar.
   
    a. Contoh penulisan judul tabel:

    b. Contoh penulisan judul gambar (berdasarkan pengalaman penulis, bagan dan diagram tetap ditulis "Gambar"):

10. Tambahan: berdasarkan pengalaman penulis, isi tabel diketik dengan satu spasi.

Sumber:
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Tahun 2009.

No comments:

Post a Comment